Senin, 11 Februari 2013

Air Terjun Darah di Antartika


Air Terjun Darah terletak tempat yang super dingin.Antartika!Sebenarnya,itu aliran air yang berasal dari sebuah glester.Namanya,Glester Taylor.


Jutaan tahun lalu,lembah-lembah terendam laut.Termasuk,Lembah Taylor.Ketika terjadi perubahan iklim,laut surut.Sebagian air tertinggal di lembah membentuk fyord atau sungai di lembah.Bertahun-tahun kemudian,terbentuklah glester di atas lembah itu.Sungai lembah pun tertutup glester.

Air laut pada glester mengandung garam.Garamnya mengandung besi.Mikroba bisa bertahan hidup dengan memanfaatkan besi dan sulfur,lalu mengubahnya jadi energi dan makanan.

Ternyata,400 meter di dalam Glester Taylor,hidup mikroba-mikroba.Anehnya,mereka bertahan hidup.Padahal,di dalam glester tidak ada oksigen,tanpa cahaya Matahari,dan suhunya sangat dingin.

Ketika mikroba mengubah besi menjadi energi dan makanan,besinya berubah.Dari besi (III) menjadi besi (II) .Besi (II) lalu terbawa saat air mengalir ke luar glester.Besi itu lalu terkena oksigen.Kemudian,berubah lagi,deh,menjadi besi (III).Besi (III) itu berwarna merah oranye,seperti besi berkarat.Airnya pun jadi berwarna merah.Nah,jadilah Air Terjun Darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar